Menuju Nama Negara Yang Megah

Apalah arti sebuah nama….. BANYAK.

Malaysia, malaysia adalah nama negara yang di dalam wilayahnya Melayu menjadi etnik mayoritas sehigga dijadikan nama negara.

Singapura, singapura adalah nama negara yang di dalam wilayahnya yang berupa kepulauan kecil singa menjadi hewan yang sering muncul dan mengancam manusia, menjadi sesuatu yang paling menonjol.

Jadi, dua negara tadi memiliki nama yang berasal dari ciri yang menonjol di dalam wilayah masing-masing.

Indonesia, indonesia adalah nama negara yang berasal dari bahasa latin yaitu ‘Indo’ (india) dan ‘Nesos’ (kepulauan) yang berarti kepulauan India. Indonesia memang berbentuk kepulauan tapi orang India bukan etnik mayoritas disini, pun orang india bukan orang yang menonjol disini, budaya India juga bukan budaya yang dominan, pengaruh budaya India tidak lebih besar daripada pengaruh budaya Cina.
Jadi, nama Indonesia diambil dari nama etnik dan budaya yang tidak menonjol di dalam wilayah negara itu. Indonesia adalah nama yang tidak memiliki sesuatu ciri khas yang mewakili wilayahnya. Indonesia tidak jelas, baik asal namanya maupun nasibnya, seperti hari ini. Baiklah.

Bagaimana bila Indonesia ganti nama, bukan karena nama yang sekarang terlalu berat tapi karena nama sekarang tidak jelas maksudnya, persis seperti masa depan negaranya sendiri… Errr nama adalah doa, nama adalah doa, nampaknya itu terjadi pada Indonesia.

Bagaimana bila mengikuti Malaysia, berganti nama mengambil nama suku mayoritas, maka Indonesia akan menjadi ‘Jawasia’, atau ‘Jawanesia’, atau ‘Jawa’ saja. Nama negara ini sangat menunjukkan ciri khas yang ada di wilayah negaranya.

Atau mengikuti Singapura, berganti nama menjadi nama hewan yang dominan dan menonjol di dalam wilayahnya, maka Indonesia akan berganti nama menjadi ‘Ayampura’, karena ayam adalah hewan yang ada di tiap pulau di wilayahnya dan Sabung ayam adalah olahraga yang penyebarannya merata di tiap pulau. Keren kan.
Jika ‘ayampura’ terasa kurang keren sebagai nama negara, mungkin bisa diganti menjadi ‘Ayampop’, nama yang gurih, atau ‘Ayamnegeri’ bila ingin terdengar lebih formal dan patriotik.

Bagaimana teman, menjadi ‘Jawasia’ atau ‘Ayamnegeri’?

X) \m/

Advertisements

One thought on “Menuju Nama Negara Yang Megah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s