Gerhana Matahari di Palembang

Gerhana Matahari adalah sesuatu yang selalu menarik perhatian umat manusia sejak dahulu kala, ada berbagai laporan pengamatan dari berbagai penjuru dunia dari sepanjang sejarah manusia mengenai gerhana Matahari dan ada pula berbagai cerita yang dibuat sebagai usaha manusia di masa lalu untuk menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi saat Gerhana Matahari terjadi, mulai dari matahari dimakan oleh raksasa, dimakan beruang, sampai dimakan oleh srigala.

Kita beruntung bahwa di Palembang tidak ada raksasa, beruang, maupun srigala sehingga tidak mungkin akan terjadi gerhana matahari, kalaupun di Palembang ada raksasa, beruang, atau serigala mereka akan lebih memilih makan pempek telok besak daripada makan matahari, apalagi makan temen.

Ya tapi walau di Palembang tidak ada raksasa, beruang, dan srigala, ternyata gerhana matahari akan tetap terjadi, dan ini menjadi sesuatu yang menarik bagi warga Palembang, karena biasanya matahari hanya memberi diskon, sekarang matahari mau gerhana, di atas jembatan Ampera pula.

Bukan, bukannya Matahari mau buka gerai baru di atas jembatan Ampera, melainkan akan ada fenomena langka Gerhana Matahari yang akan melalui kota Palembang, dan kita semua bisa menyaksikannya dari penjuru kota Palembang, terutama dari penanda kota seperti BKB dan Jembatan Ampera.

image

Gerhana Matahari ini akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 dan Palembang adalah salah satu kota yang akan dilalui langsung oleh Gerhana Matahari Total. 

image

Dan Gerhana Matahari Total tahun 2016 ini hanya akan melalui Indonesia, nah bagi teman-teman di luar Palembang dan di Luar Indonesia, sekarang kalian punya alasan bagus untuk main ke Palembang. 

image

Teman-teman bisa mengamati Gerhana Matahari Total dari lautan Pasifik, tapi jika teman tidak punya perahu, tidak bisa berenang, dan tidak bisa berada jauh dari kerfur maka Palembang adalah pilihan terbaik sebagai tempat untuk mengamati Gerhana Matahari Total, Palembang punya dua gerai kerfur dan 3 gerai matahari sebagai tambahan, yes, we are so civilized.

Dan Posisi Palembang sangatlah strategis bagi teman-teman dari luar kota yang hendak menyaksikan gerhana Matahari ini, karena Palembang adalah kota yang mudah dicapai dari tiga ibukota negara, yaitu Jakarta, Singapura, dan Kuala Lumpur. Penerbangan langsung ke Palembang dari ketiga ibukota negara itu hanya memakan waktu kurang dari 80 menit. 

image

Gerhana Mataharinya sendiri akan mulai berlangsung pukul 6:20 WIB dan puncaknya pada pukul 7:20 WIB dan berakhir pukul 8:31 WIB.

Dan demi merayakan kejadian Langka Gerhana Matahari sekaligus menyambut para wisatawan yang ingin menyaksikannya maka pihak Pemerintahan Provinsi Sumatera Selatan telah menyiapkan acara khusus yaitu ‘Festival Gerhana Matahari Total’  *applause* 

image

Yeah, acara ini akan diadakan di atas Jembatan Ampera dan, ini kejutan terbesarnya, selama acara berlangsung Jembatan Ampera akan ditutup, ya anda benar membacanya, Jembatan Ampera akan ditutup selama acara Festival Gerhana Matahari Total.

Jembatan Ampera adalah tempat yang tepat untuk mengamati Gerhana Matahari Total karena posisinya yang tinggi dan tidak dihalangi bangunan karena berada di atas sungai yang lebarnya lebih dari 100 meter. Pandangan tanpa halangan ini akan membuat teman-teman bisa dengan leluasa mengambil posisi pengamatan, atau sekedar hendak berfoto dan selfie.
Dengan begitu teman-teman semua akan bisa mengamati kejadian langka Gerhana Matahari Total ini sampai puas, dijamin! Kalau gak puas, gerhana kembali! Tiga Tahun lagi.

Tiga tahun lagi?
Ya, jarang terjadi makanya mumpung terjadi di Palembang maka berkunjunglah kemari, ke Palembang kota Baghi sambil mengamati Gerhana Matahari.

Jadi, segeralah mengajukan surat cuti, majukanlah hari pernikahan anda, dan pesanlah tiket ke Palembang di agen perjalanan terdekat.

Saya tunggu di Palembang.

Sampai Jumpa!

Advertisements

2 thoughts on “Gerhana Matahari di Palembang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s